Breaking News

Wednesday, September 6, 2017

Begini Cara Mudah Cegah Gigi Berlubang


Dengan mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah ternyata bisa membantu untuk mencegah risiko gigi berlubang. DetikCOM

drg Ratu Mirah Afifah dalam konferensi pers Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2017 di Jakarta, mengatakan dengan mengonsumsi makanan yang berserat kelenjar ludah akan memproduksi air ludah yang dapat menetralkan tingkat keasaman dalam mulut yang membantu mencegah gigi berlubang.

"Makanan yang berserat merangsang kelenjar ludah diproduksi lebih banyak yang bisa menetralkan derajat keasaman dalam mulut dan mencegah gigi berlubang," katanya.

Dikutip dari Antara, Ratu memaparkan penyebab menurunnya kadar keasaman dalam mulut bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan gula terlebih bertekstur lengket. Derajat keasaman pada mulut yang rendah, yakni di bawah pH kritis 5,5 bisa melarutkan lapisan email pada gigi.

"Mengonsumsi camilan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula, terutama yang lengket dapat menurunkan derajat keasaman mulut. Setelah konsumsi makanan yang manis, derajat keasaman mulut turun hingga di bawah pH kritis 5,5 dalam hitungan menit, dan tetap rendah hingga satu jam," kata Ratu. DetikCOM

Bila kondisi tersebut terjadi secara terus menerus, atau frekuensi konsumsi makanan manis dan lengket lebih sering, akan menyebabkan hilangnya mineral pada gigi dan mengakibatkan terjadinya gigi berlubang.

Kondisi ini juga lebih berbahaya apabila terjadi pada anak-anak. Ratu menjelaskan gigi susu pada anak sangat cepat mengalami karies dan proses gigi berlubang hingga keropos juga sangat cepat.

Baca Juga : ASLIKARTU. AGEN POKER DAN BANDAR SAKONG TERPERCAYA UNTUK ANDA

No comments:

Post a Comment

Adbox