Breaking News

Tuesday, September 12, 2017

Mengharukan! Petani Sumbangkan Beras Hasil Panen untuk Rohingnya


Terpisah jarak ribuan kilometer dari Myanmar dan Bangladesh, pemberitaan mengenai nasib warga Rohingya menembus sebuah desa kecil di tepi Sungai Bengawan Solo. Tersebutlah Desa Jipang, Kecamatan Cepu, di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. DetikCOM

Kabar mengenai kondisi ratusan ribu pengungsi Rohingya yang terlunta-lunta di perbatasan Bangladesh-Myanmar menguras empati warga Jipang. Tak terkecuali para petani di desa tersebut.

Maka, ketika mengetahui bahwa beras-beras yang mereka olah akan disalurkan untuk pengungsi Rohingya, mereka berusaha secepat mungkin mengolah hasil panen. Memanen padi tidak lagi dilakukan secara sendiri-sendiri, namun gotong-royong.

“Kita senang kalau ada kegiatan berbau sosial, apalagi bisa beras yang kita panen digunakan untuk menolong orang yang kelaparan. Hasil panen kita jadi bernilai lebih. Semoga pahalanya juga lebih,” ungkap salah seorang petani seperti dikutip dari act.id.

Istiah (55) bahkan rela meminjamkan mesin panen miliknya untuk digunakan oleh petani-petani yang lain. Tujuannya hanya satu: mempercepat proses pengolahan hasil panen.

“Soalnya saya dengar ada yang mau panen padi dan berasnya nanti akan dikirim untuk Rohingya. Kasihan ya, mereka di sana hidupnya mengungsi ke sana kemari. Bahkan ada yang tidak memakai pakaian yang layak,” kata Istiah, seorang nenek yang tinggal di Desa Jipang. DetikCOM

Kasmiran (62), kawan Istiah yang saat itu berada di lokasi panen padi, dengan antusias menambahkan cerita Istiah. "Setelah mendengar cerita dari tetangga beras ini mau dibawa ke sana, dia (Istiah) mengajak saya membawa mesin panen buat mempercepat proses panen. Mungkin sedikit usaha ini bisa menolong mereka yang lagi mengungsi,” ujarnya.

Insya Allah, dengan dukungan segenap warga Indonesia sekaligus petani-petani Blora, 2000 ton beras akan diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Kapal Kemanusiaan akan sekali lagi mengangkut amanah kepedulian masyarakat Indonesia untuk korban krisis kemanusiaan.

Kapal Kemanusiaan Tahap Tiga ini akan melabuhkan jangkarnya di Bangladesh, menjangkau titik-titik wilayah yang menampung sejumlah besar pengungsi Rohingya baru.

Baca Juga : ASLIKARTU. AGEN POKER DAN BANDAR SAKONG TERPERCAYA UNTUK ANDA

No comments:

Post a Comment

Adbox