Breaking News

Tuesday, September 5, 2017

Wow, ditemukan Virus Raksasa Terbesar di Dunia


Peneliti dari French National Research Agency di Aix-Marseille University, Perancis, melakukan penemuan yang mengejutkan. Para peneliti itu berhasil menemukan virus jenis baru yang berukuran sangat besar. DetikCOM

Melansir laman The Week, Selasa (5/9), selama ini, virus dikenal atau diasumsikan berukuran kecil. Tapi virus yang baru ditemukan ini memiliki volume 1.000 kali dari virus flu biasa.

"Kami sedang membuka kotak Pandora, karena tidak banyak pengetahuan tentang virus-virus. Oleh karena itu, kami menamakan virus raksasa itu Pandoravirus," kata Dr Jean Michel Claverie, pemimpin penelitian.

Dia menambahkan, Pandoravirus sangat unik, karena memiliki klasifikasi sendiri. Bahkan, ukurannya dua kali lebih besar dari ukuran virus terbesar yang pernah ditemukan.

"Virus ini mempunyai garis keturunan gen yang berbeda dengan virus-virus lainnya," ujar Claverie.

Tim peneliti pertama kali menemukan virus berukuran besar saat melakukan penggalian di lepas pantai Las Cruces, Chili, pada tahun 2011.

Selanjutnya, tim kembali menemukan virus berukuran besar di sebuah kolam di di Melbourne, Australia. Virus yang berasal dari Chili diberi nama Pandoravirus salinus, sementara yang ditemukan di Australia dinamai Pandoravirus dulcis. DetikCOM

Penemuan-penemuan virus raksasa baru terjadi pada dekade ini, dan belum banyak informasi mengenai asal muasal dari virus raksasa.

"Penemuan virus ini akan memperluas pengetahuan manusia mengenai bagaimana virus menjadi berukuran besar dan bagaimana rantai evolusinya," kata Claverie.

Baca Juga : ASLIKARTU. AGEN POKER DAN BANDAR SAKONG TERPERCAYA UNTUK ANDA

No comments:

Post a Comment

Adbox